ri lepuspa castle: Uang Jajan

lepuspa castle

Wednesday, August 13, 2008

Uang Jajan

Setiap pagi (kecuali hari libur) anak kedua saya, Ade Ivan, selalu mendapatkan uang jajan sebelum berangkat sekolah. Memang tidak semua orangtua melakukan hal yang sama dengan saya. Ada juga yang tidak memberikan uang jajan kepada anaknya dengan berbagai alasan: biar anak tidak konsumtif, takut jajan macem-macem yang nggak sehat, dsb; biasanya mereka kemudian memberi bekal berupa makanan untuk anaknya di sekolah. Tapi saya sendiri (disetujui suami tentunya) berpendapat pemberian uang jajan merupakan salah satu latihan si anak untuk mulai mengelola keuangan serta untuk membiasakan si anak mengambil keputusan. Saya sengaja tidak memberikan uang jajan terlalu besar, padahal saya tau harga jajanan di sekolah anak saya tersebut cukup mahal. Jadi dia harus pinter-pinter memilih jajanan yang akan dia beli. Ada jajanan yang tidak bisa dia beli dengan jumlah uang jajan satu hari sehingga (dan kemudian saya menasehatinya agar) dia harus menyimpan uang jajannya itu untuk digabungkan dengan uang jajannya besok barulah dia bisa membeli jajanan tersebut. Selain itu saya juga memberitahukan jajanan2 mana saja yang tidak sehat dan kenapa tidak sehat, sehingga si anak sadar dengan sendirinya untuk tidak memilih jajanan tersebut.

Beberapa minggu terakhir ini, Ade Ivan sempat mengeluhkan tentang temannya yang suka meminta uang jajan kepadanya. Katanya kalau tidak dikasih temannya itu jadi ngambek. Pertamanya saya hanya berkomentar kalau memang ada uangnya ya silakan saja diberikan. Tapi setelah kejadian itu berulang beberapa kali dan sepertinya Ade Ivan mulai terganggu, saya coba bilang sekali-sekali yang ditolak supaya nggak keterusan minta melulu. Tapi saya sendiri masih belum yakin dengan cara itu (suami sih masih setuju dengan cara pertama). Bagaimana menurut teman-teman blogger?

Nah, saya mau mengakhiri cerita ini dengan... biasa promosi alias jualan... he..he.. Silakan lho kalo mau pada beli baju muslimah kaosnya. Model terakhir bisa dilihat di postingan sebelum ini. Harganya cuma Rp 97.500 satunya. Buat yang mau jual lagi juga bisa, pembelian minimal 3 pcs (boleh pilih warna dan ukuran) diskonnya 20%. Kalo nggak laku, boleh ditukar (dalam jangka waktu 30 hari). Asyikkan? Mau tahu lebih jelas lagi? Kontak saya ya di leny@lepuspa.biz. Ditunggu lho...

5 Comments:

Blogger Zilko said...

kalo aku dulu waktu SD ga pernah dikasi uang jajan juga, tp dibawakan bekal. Permasalahannya: iri ngeliat temen2 lain yg pada dikasi uang jajan dan bisa jajan di kantin seenaknya. Berhubung kalo minta takut dan pasti ga akan dikasi, akhirnya malah berkembang deh otak bisnis: gimana caranya cari duit, haha... . Akhirnya dulu pas SD bikin bisnis kecil2an nyewa2in buku deh. Eh ternyata laris loh, wkwkwkwkw... lol.

Tentang masalah anak yang selalu minta itu. Ya dibagi sebagian sekali2 aja ke dia nggak papa, tapi kalo keterusan ya jangan dikasi lah. Enak bgt tu orang kerjaannya minta doang, usaha dong yg lebih mengandalkan diri sendiri dan lebih 'baik' nggak merugikan orang lain, hahaha... . Kalo terus2an dan merasa terganggu, menurutku ya tu anak sebaiknya agak 'dijauhi' saja, toh Ade Ivan juga nggak salah apa2 kan, haha...

2:44 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Zilko> Wah, oke banget kamu ya... Kecil2 otak bisnisnya jalan. Mungkin perlu juga sekali-sekali diterapkan ke anak2ku ya...

Iya ya.. memang perlu tegas juga Ade Ivan nih, biar nggak terus-terusan dimintai uang jajannya. Nanti ta bilang anakku deh... Thanks ya Zil... :)

2:55 PM  
Blogger Diyan said...

dulu waktu masih sekolah juga aku dikasih uang jajan kok mba... sekalian ongkos juga. Jauh bo sekolahnya :P musti naik angkot. Kalo haus gimana kalo ga ada uang jajan? hehehe

Kalo anak yg minta2 itu kalo cuma sekali-seklai dikasih ga pa-pa. Tapi kalo keterusan ya jangan. Mending ade ivannya suruh ngomong sama seperti mba leny nasehatin dia, kalo mau jajan yang diinginkan ya nabung aja dulu, jangan terus2an minta.

1:21 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Diyan> Hai... Diyan pa kabar? Lagi asyik ya memperhatikan tumbuh kembang Si Kecil yang cantik itu ya...

Cukup sering juga tuh minta uang jajannya, sepertinya memang perlu ditolak pemintaannya sekali-sekali supaya nggak keterusan jadi orang yang sedikit2 minta-minta ke orang lain.

3:01 PM  
Anonymous Anonymous said...

Salam,
Senang bisa bertemu secara virtual.

Hmm..saya dulu seratus rupiah per hari,,waktu SD, mungkin sampai kelas 2. Kelas tiga baru naik jadi tiga ratus. Dulu bingung, kalo mau beli gorengan, ga bisa beli minum,,kalo beli minum ga beli gorengan..

Sempat saya kumpulkan jadi Rp. 400.- Berarti sekitar 4 hari saya ga jajan..Saking senengnya saya pakai buat pulang ke rumah naik becak,,bangga,,

Anyway..promosi di akhir postingan ini yang bikin mesem2,,nampaknya Ade Ivan bakal mengikuti jiwa bisnis ibu,,

12:13 AM  

Post a Comment

<< Home