ri lepuspa castle: Beryoga Pertama Kali

lepuspa castle

Saturday, December 08, 2007

Beryoga Pertama Kali

Hari Rabu sore kemarin, saya pertama kali mengikuti kelas yoga yang sudah begitu diinginkan sejak beberapa bulan yang lalu. Cuaca mendung sebetulnya membuat malas untuk keluar rumah. Apalagi suami tercinta baru pulang dari Malang setelah beberapa hari menginap di sana. Tapi kalau tidak dimulai, keinginan beryoga itu akan terus saja menjadi keinginan tanpa bisa terwujud nantinya. Jadilah walaupun berangkat ditemani gerimis, saya menegarkan diri untuk tetap semangat. Yang pasti sih perasaan tertarik tetap ada, ingin tahu beryoga itu seperti apa, dan apakah manfaat yang didengar maupun dibaca itu terasa nantinya. Selain itu berangkat berbarengan dengan anak-anak yang kebetulan harus les kumon, membuat si semangat itu semakin menyala saja di hati ini.

Keinginan beryoga terasa sekitar 2 bulan yang lalu ketika saya merasa perbaikan stamina dan daya tahan tubuh ini terasa lambat. Satu hal yang belum pernah saya coba lagi adalah berolahraga secara rutin. Padahal sebelumnya saya termasuk yang suka sekali berolahraga (khususnya aerobik). Dan ketika berhenti sama sekali berolahraga, saya merasa stamina dan daya tahan tubuh menjadi menurun. Jadi saya putuskan untuk memulai kembali melakukan olahraga rutin. Hanya saja saya tidak ingin kembali menggeluti aerobik yang menurut saya sekarang ini kurang cocok dengan kondisi fisik untuk usia saya yang hampir kepala 4 ini (walah… ternyata sudah tuwir ya…he..he..tp semangat tetap muda kok…). Pikir sana pikir sini, diskusi sana diskusi sini, ada dua olahraga yang dirasa cukup menarik untuk dicoba: yoga atau tai chi. Gerakan keduanya cukup lembut, tidak grasak-grusuk seperti aerobik, tapi konon manfaatnya lebih dari aerobik, katanya sih…

Setelah itu mulailah saya mencari tahu tentang apa, bagaimana, dan dimana bisa dijumpai kelas yoga ataupun tai chi. Karena kebetulan juga ada salah seorang teman di kampus yang tertarik dengan yoga, akhirnya saya fokuskan pada pencarian tempat berlatih yoga yang murah meriah tapi masuk pada sasaran yang diinginkan. Ternyata cukup banyak juga gym atau sanggar senam di Bandung yang menyelenggarakan kelas yoga ini. Ada satu yang cukup terkenal di Bandung (Yoga Leaf, di Jl. Terusan Jakarta) yang dimiliki oleh pakar yoga dari Bandung yang cukup terkenal juga (dia sudah menerbitkan buku tentang yoga lengkap dengan CDnya kalau tidak salah, ingin beli, tapi belum sempet, dulu pernah mau beli, nggak jadi karena belum begitu tertarik yoga). Sayang tempatnya terlalu jauh dari rumah (rumah di Bandung Barat, dia di Bandung Selatan…). Sempat juga menemukan tempat yoga di dekat rumah (On The Green, Jl. Sukimin), tempatnya cukup enak, katanya sih ada ‘native teacher’nya (emang lebih bagus ya, kalo gurunya orang bule…? Tau deh, yang pasti lebih mahal bayarnya…he..he..), sayang biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal. Kemudian saya menemukan juga tempat yoga yang cukup dekat dari kantor (Amandamarga Yoga, Jl. Sukaresmi, Dago Atas), tapi waktu surveynya molor terus karena waktu kosong saya dengan teman saya tidak pernah ‘match’. Sempat ‘melirik’ tai chi, saya surf di internet ada tempat latihan yang cukup dekat dari rumah (GOR Padjadjaran), sayang waktunya tidak pas.

Akhirnya, setelah sekian lama ‘terombang-ambing dalam ketidakpastian’, saya paksakan survey sendirian ke tempat yoga di dekat kantor. Kebetulan tempatnya tinggi (Dago Atas), perjalanan dari kantor juga cukup ‘berliku’ (kayak naik-turun bukit walau pakai mobil tentunya). Sampai di sana ternyata tidak ada orang (saya bel 3 kali tidak ada yang buka pintu). Untungnya di pintu ada stiker nama tempat yoga tersebut plus nomor kontaknya. Saya catat nomor tersebut, walaupun sewaktu di mobil pulang menuju rumah, lagi-lagi gagal dihubungi (3 kali menghubungi tidak diangkat). Ternyata menjelang magrib, nomor tersebut balik menghubungi saya. Syukurlah, akhirnya saya diberi kesempatan untuk mengikuti kelas yoga dengan waktu yang cukup sesuai (jam 5 sore, walaupun inginnya sih sekitar jam 3-4 sore supaya selesainya sebelum magrib) dan tempat yang lumayan dekat dari rumah (di gedung PT DI/IPTN, hanya 5 menit saja dari rumah kalau pakai mobil/motor).

Ternyata cukup melelahkan juga mengikuti kelas yoga untuk pertama kali ini, walaupun gerakannya lambat. Tapi dengan pose-pose yang cukup menantang (walaupun dalam tingkatan yoga, tentunya masih sangat mendasar, masih gampang lah katanya…) dan dikombinasi dengan pernafasan perut, lumayan juga agak berkeringat. Tadinya saya khawatir badan tidak cukup kuat dan perut berontak karena seharusnya sudah memasuki waktu untuk makan malam (kelas ini berakhir sekitar jam 6.30 malam, sementara biasanya jam 6.00 sore saya sudah berada di meja makan untuk makan malam). Alhmadulillah, bisa dilalui dengan baik. Bahkan badan terasa lebih segar setelahnya dan yang pasti malamnya tidur cukup nyenyak (biasanya kalau tidur malam bisa 2-4 kali terbangun, ini hanya 1 kali saja, itu juga karena adzan subuh, seharusnya langsung bangun tapi kok masih ngantuk, jadilah nambah tidur satu jam lagi…). Hanya saja sore kesokan harinya badan terasa agak pegal-pegal di beberapa tempat seperti punggung, bahu, pinggang, paha belakang, dan tangan bagian atas. Biasalah, namanya juga baru olahraga lagi setelah sekian lama (sekitar 2 tahun) berhenti. Pegal-pegal itu akan bertahan sekitar 3 harian katanya, sewaktu menulis postingan ini masih terasa sedikit pegal di punggung, bahu, dan pinggang.

Sewaktu latihan, dilatarbelakangi dengan lagu lembut yang diputar dalam volume yang cukup rendah. Sehingga ketika di tengah-tengah kita diberi kesempatan untuk melakukan meditasi (setiap selesai satu gerakan, kemarin ada sekitar 5 gerakan, diberi kesempatan untuk meditasi sekitar 5 menit, begitu juga di awal dan di akhir latihan, yang di akhir lebih panjang seharusnya sekitar 20 menit, tapi kemarin mungkin hanya sekitar 10 menit karena waktunya sudah mepet), lebih mudah bagi kita untuk menenangkan diri dan pikiran kita. Setiap kali melakukan gerakan, sebelumnya pelatih akan memberi contoh sambil menjelaskan manfaat dari gerakan-gerakan tersebut. Di akhir latihan, pelatih berjanji minggu depan akan memberikan fotokopian tentang berbagai gerakan yoga beserta manfaatnya, dan petunjuk agar bisa berlatih sendiri di rumah setiap hari. Katanya sih dianjurkan 2 kali sehari tapi hanya sekitar 15 menit saja setiap kali berlatih (untuk latihan bersama pelatih sekitar 1,5 jam).

Sebetulnya saya ingin bisa berlatih minimal 2 kali dalam satu minggu dengan pelatihnya, tapi karena di PT DI hanya diadakan 1 kali seminggu (hari Rabu saja), jadi saya baru bisa mengikuti sekali seminggu saja. Ya… untuk memulai bukan hal yang jelek kan? Menurut pelatihnya, kalau mau bisa buat kelompok sendiri (terdiri dari 5-10 orang) dengan teman-teman. Ide yang bagus, supaya waktu dan tempatnya bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Tapi berarti harus cari teman dulu nih, satu orang sudah ada… masih perlu minimal 3 orang lagi… Ya… mudah-mudahan bisa terlaksana deh… Dan satu lagi, ternyata biaya berlatih di PT DI ini murah meriah lho, hanya 10rb saja perkali datang. Wah, asyik juga nih, sayang Cuma sekali seminggu… Mudah-mudahan bisa terus berlanjut berlatih yoga ini, karena baru sekali latihan saja sudah ada manfaat yang bisa saya rasakan… Yuk berlatih yoga yuk!

21 Comments:

Anonymous Anonymous said...

hehehe..baru tahu kalo yoga itu termasuk ´olah raga´ :p
Perasaan kok cuman duduk2 doang..dengan gerakan lambat yang gak ´dinamis´...kekekekek
Anyway selamat beryoga deh..

9:01 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Niken >> Dulu juga aku beranggapan begitu Nik, tp ternyata lumayan capek juga walo cuma duduk2 (bahkan tiduran) dan gerakannya lambat... Dan memang Yoga nggak cuma olah'raga' melainkan juga olah'pikiran dan jiwa' kita... ingat slogannya: mind, body, and soul?

9:34 AM  
Blogger celica-story said...

Teh saya selly Mau dong Gabung di klub yoganya, klo boleh tau alamat lengkap latihannya dimana yah sekalian no telp nya. di tunggu infonya teh di blog selly "www.celica-story.blogspot.com" terima kasih banyak sebelumya teh :D

6:53 AM  
Anonymous Anonymous said...

teteh ak mau alamat tempat yoganya. aku kan tinggal di daerah dago jadi kayaknya itu deket dari kosanku. tolong direply ya teh tar aku cek lagi blog nya hehe..
oiya, kalo cuma sekali seminggu apa hasilnya kerasa? takutnya malah udah lupa gerakan di minggu berikutnya..hehe :P

8:52 AM  
Anonymous Anonymous said...

Teh... saya tertarik dengan informasi teteh ini. Boleh minta alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi? sepertinya saya dan beberapa temen berminat banget, dan kita tinggal ga jauh dari PTDI IPTN. Mohon dibalas di e-mail saya ya: naniek_p@yahoo.com.
haturnuhun ya Teh...

11:02 AM  
Anonymous Anonymous said...

mba,,saya mau tny alamat tempat yoga yg daerah dago.. sblmnya saya yoga di daerah pahlawan,,tp tempatnya berisik. alamat email saya d_bloomflower@yahoo.co.id. makasi y mba..

5:00 PM  
Anonymous citra w said...

teh... saya mau juga donk gabung di klub nya teteh yang di PTDI IPTN rumah saya di cigadung di dago atas..... minta info lengkap nya ya teh... emang biaya nya 10 rb ????
makasih ya teh

citra w
myfulvian@yahoo.co.id

1:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

boleh minta alamat lengkap dan nomer telepon yang dapat dihubungi untuk latihan. kebetulan saya tertarik untuk latihan yoga.. terima kasih sebelumnya..

6:47 PM  
Blogger valen said...

Teh, saya tertarik nih...
Boleh minta alamatnya dan no telp nya?
Tlg dikrm ke email saya : valenhapsari@yahoo.com or valenhapsari@gmail.com
Thx ya

9:17 PM  
Blogger Istana Coklat Bandung said...

saya tertarik ih, saya juga lagi nyari tempat yoga d bandung,,, tapi belum nemu nih... bolh minta alamat n no telp nya gak????
tolong kirim ke FB saya di icha.jutexs@ymail.com
makasih....

12:24 PM  
Anonymous ilmi said...

rumah saya dipajajaran dan sangat tertarik yoga, tapi saya masih mahasiswa. apa tidak masalah? saya ingin tau lokasi pasti tempatnya yang di gor pajajaran dan IPTN itu, ada alamat dan nomer teleponnya? berapa ya biaya nya? kalo boleh minta dikirim ke email saya: ilmii.yahuds@ymail.com sangat ditunggu, terima kasih banyak.

9:54 AM  
Blogger Deny Sun said...

Boleh minta nomor kontak grup/pelatih yoga yang di PT DI? Saya berminat untuk ikut tapi ingin informasi lebih lanjut, sebelum berbagung. Trims.

8:01 AM  
Blogger Unknown said...

teh, saya juga pengen belajar yoga, bisa minta no contact person tempat teteh latihan yoga?
makasih teh....
ditunggu ya teh di bhee1901@gmail.com

6:11 AM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Maaf teman2 blogger yang sudah sempat meninggalkan pesan di postingan tentang yoga ini. Baru sekarang sy menengok kembali blog sy. Untuk alamat latihan yoga, sewaktu saya masih aktif (sekarang sy sdh tidak aktif) dilakukan di pelataran Gedung serba guna PT DI (masuk dari pintu gerbang utama, gedungnya di sebelah kiri). untuk lebih jelasnya silakan sms/telp no kontak ini: Ibu Nia (0812-2018223), mudah-mudahan no kontaknya masih aktif ya.

7:22 AM  
Anonymous Anonymous said...

Yoga leaf di antapani skg dah pindah ya? Saya pengen cari tmpt kursus yoga skitar antapani nih.. + Mau tau biaya yg teteh keluarin dong :D pnasaran cukup dg kantong ga..hehehe

11:17 PM  
Blogger MadNaiiMoody said...

mba, bisa minta no contact nya untuk latihan yoga di PTDI ini? saya minat ikutan.. email ke naiinadia@gmail.com ya.. trims..

3:28 PM  
Blogger Unknown said...

mbak, numpang sharing info ya. siapa tahu ada yg perli. Sy baru buka studio tari dan senam namanya [X]tra[O]rdinary Studio. lokasinya di antapani, sebrang borma. Tepatnya di Ruko jl. terusan jakarta 30 G.Ada kelas yoga, bodyperformance, salsa, hiphop, contemporer dance, ballet jazz, dan tari kreasi indonesia. Oya, ada kelas karyawan dan hijab class jiga lho. .Silahkan mencoba! Tq. mbak

8:38 PM  
Blogger Unknown said...

tmksh infonya Gan, kalau pengin lihat jadwal kelas yoga dan aerobik low impact dimana?, dan apakah juga menyediakan baju senam terbaru untuk pemula ya? Salam sukses!

12:52 PM  
Blogger bulan090596 said...

Mbak mau dong info kelas yoga yg mbak ikuti dulu atau msh skg daerah bandung, sama paketan harga nya juga ya hehe, boleh dibales ke bidarabulan11@gmail.com Makasih mbak:))

10:50 PM  
Blogger bulan090596 said...

Mbak mau dong info kelas yoga yg mbak ikuti dulu atau msh skg daerah bandung, sama paketan harga nya juga ya hehe, boleh dibales ke bidarabulan11@gmail.com Makasih mbak:))

10:50 PM  
Blogger Unknown said...

teteh aku juga mau dong boleh tau selengkapnya ga alamatnya sma no hpnya klo daeran bandung timur bls ke annisametrodent@yahoo.com
terimakssih

1:06 PM  

Post a Comment

<< Home