ri lepuspa castle: Khasiat Beberapa Wewangian Aromaterapi

lepuspa castle

Thursday, February 01, 2007

Khasiat Beberapa Wewangian Aromaterapi

Setelah dipending beberapa waktu, akhirnya bisa juga meluangkan waktu untuk mengolah dan mem-posting lanjutan aromaterapi yang dijanjikan (Arman…jangan nagih lagi ya…he..he..; Mbak Krisna Muslim, ini udah apdet lagi lho...).

Banyak wewangian aromaterapi yang ada, namun ada beberapa wewangian yang cukup familiar dan banyak dipakai dengan anglo pemanas (Oil burner) dan incense stick (semacam dupa). Gw lebih suka menggunakan anglo pemanas dibandingkan incense stick. Selain bebas dari asap, anglo pemanas juga menghasilkan wangi yang lebih natural, tidak dibarengi dengan bau terbakar seperti dupa. Hanya saja penggunaan anglo pemanas lebih mahal dibandingkan incense stick. Selain harus memiliki anglo pemanas (sekali beli bisa untuk waktu yang lama tergantung dari bahan dan pemeliharaannya), perlu persediaan essential oil dan lilin khusus yang cukup banyak. Sementara dengan incense stick, hanya perlu tempatnya (sekali beli bisa untuk waktu yang lama dan harganya jauh lebih murah dibandingkan anglo pemanas) dan persediaan sticknya saja.

Wangi favorit gw dan suami adalah Sandalwood (cendana). Dalam sehari (biasanya gw menyalakan anglo aromaterapi di pagi hari dari jam 05.30an sampai jam 08.00an dan sore/malam hari dari jam 04.30an sampai jam 08.30an) paling tidak di sore hari wangi ini gw nyalakan, kadang-kadang di pagi harinya juga. Dengan aromanya yang khas dan sari minyaknya diambil dari bagian kayu, sandalwood ternyata memiliki efek meningkatkan keterbukaan, kehangatan, rasa percaya diri, kejujuran, ketenangan jiwa, perasaan cinta, sensualitas, rasa nyaman, harapan, kepercayaan, kebijaksanaan, pengertian, stabilitas, keberanian serta daya tahan. Juga mengurangi stress saat menstruasi, gangguan konsentrasi, dan rasa kesepian.

Sejak Bandung mulai diguyur hujan beberapa waktu lalu, di pagi hari gw menyalakan Eucaliptus (minyak kayu putih) dicampur sedikit Peppermint. Karena dingin membuat hidung suami dan anak-anak agak mampet (bahkan kadang-kadang pilek disertai sedikit batuk), campuran kedua wewangian itu bisa membantu mengurangi gejala-gejala tersebut. Eucaliptus, sarinya diambil dari bagian daun. Mempunyai efek keseimbangan dan menstimulus peningkatan proses penyembuhan, protectiveness, konsentrasi, vitalitas, keseimbangan emosi, dan juga spontanitas. Selain itu dapat mengurangi panas badan saat flu, sakit kepala, kelakuan yang tidak rasional, kemarahan, mengusir insek serta menghilangkan bau yang tidak sedap. Sementara peppermint, memiliki aroma segar dan kuat yang berasal dari rerumputan mint yang ditemukan di Amerika. Minyak murni daun mint ini dapat meningkatkan konsentrasi, vitalitas, rasa percaya diri, pikiran positif, sensualitas, keyakinan arah dan tujuan hidup. Juga mengurangi rasa lelah, rasa putus asa, hysteria, sakit kepala, dan rasa takut.

Gw juga beberapa kali menyalakan wangi Lavender, pada saat agak terganggu oleh beberapa nyamuk yang berkeliaran di sekitar rumah. Aroma bunga ini sangat digemari oleh wanita eksekutif dan ibu rumah tangga. Bunganya berwarna lembayung muda. Kini dibudidayakan di berbagai penjuru dunia. Sari minyaknya diambil dari bagian pucuk bunga selain mampu mengusir nyamuk ternyata juga memberikan efek meningkatkan ketenangan, keseimbangan, rasa nyaman, rasa keterbukaan, dan keyakinan. Selain itu juga mengurangi rasa tertekan, stress, rasa sakit saat menstruasi, emosi yang tidak seimbang, hysteria, rasa frustrasi, dan kepanikan.

Gw sempat menyalakan wangi Jasmine (bunga melati), walaupun kemudian diprotes suami karena dia kurang suka dengan wangi ini (mungkin terlalu ‘perempuan’ ya wanginya). Sari minyaknya diambil dari bagian bunga yang mempunyai efek menyejukkan, meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, gairah seksual, kepekaan, kejernihan pikiran, harapan, keterbukaan, kebijaksanaan, ketenangan jiwa, rasa bahagia, romans, dan cinta. Juga dapat mengurangi depresi, rasa cemas, batuk, rasa sakit saat menstruasi, stress, sedih, kecewa, dan rasa iri.

Kemudian gw juga mencoba wangi Lemon. Aromanya menyegarkan, bersih, bersemangat. Sari minyaknya diambil dari bagian buah yang berasal dari Sisilia. Mempunyai efek menjernihkan dan stimulasi, juga baik untuk penanganan pertama digigit ular dan serangga. Selain itu memberikan efek meningkatkan tenaga, kewaspadaan, perasaan bahagia, vitalitas, pandangan positif, motivasi, keyakinan dalam mengambil keputusan, dan stabilitas. Juga mengurangi masalah gangguan pernafasan, tekanan darah tinggi, pelupa, stress, pikiran negatif dan rasa takut.

Wangi lainnya yang pernah gw coba adalah Ylang-ylang (kenanga). Wangi yang satu ini mengingatkan gw pada salah satu produk baby hair lotion yang cukup terkenal (dan tentunya cukup mahal harganya). Jadi ketika wangi ini sedang beredar di rumah, serasa punya bayi lagi…Sarinya diambil dari bagian bunga dan bunga dengan warna kuning memberikan essential oil yang terbaik. Memiliki efek menyeimbangkan hormon, memberi semangat, meningkatkan sensualitas, perasaan gembira, kehangatan, rasa percaya diri, keterbukaan, relaksasi, rasa nyaman dan tentram. Mengurangi depresi, kesulitan tidur, rasa tegang, stress saat menstruasi, lemah seksual, perasaan frustrasi, rasa labil, dan rasa bersalah.

Ada lagi wewangian yang pernah gw coba yaitu Green tea. Wangi yang satu ini dapat membantu menyeimbangkan fungsi sel tubuh, membantu mencegah kanker, memperbaiki sistem peredaran darah, membantu menguraikan asam lemak, menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan fungsi lever, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru2, serta memperlambat proses penuaan. Juga berguna membangkitkan semangat, melancarkan sistem pencernaan dan urine, memperbaiki konsentrasi, menurunkan kolesterol, dan membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

Sebenarnya masih banyak wewangian aromaterapi yang lain. Tapi berhubung, gw belum pernah mencoba dan juga gw rasa tidak sepopuler yang sudah gw jelaskan di atas, jadi untuk postingan kali ini dicukupkan sekian dulu. Nanti, kalau gw coba wangi lain dan ada waktu menuliskannya, gw sambung lagi dengan wewangian berbeda…Tapi…tidak dalam waktu dekat ini sepertinya…Untuk teman-teman blogger, silakan mencoba... Khusus untuk Arman, silakan memilih sesuai yang 'diinginkan'...he..he..

22 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Wah..cerita wewangian..favorit saya lavender..termasuk eksekutifkah saya? :p..terus terang pengaruh karena phobia nyamuk aja heheh
Kalo Ylang ylang alias kenongo, itu membawa ke memori silam dengan ramuan jamu eyang saya jaman dulu. nah! kalo yang bau lemon jujur saja...saya bakal dijauhi suami saya yang alergi dengan bau bauan kecut macem itu hehhe walaupun sudah saya paksakan selalu gak berhasil padahal saya ini penggemar jerukk komentarnya cuman satu, jeruk kok makan jeruk haha

9:09 PM  
Anonymous Anonymous said...

ada nggak ya aroma yang bisa membantu diet/mengurangi nafsu makan?

salam kenal juga ya bu dosen, ngajar apa dan dimana? :)

9:12 AM  
Blogger Zilko said...

wuah, komplit nih critanya

Dulu saking desperate-nya sama nyamuk, aku minta sebiji incense stick sama temenku loh buat ngusir si nyamuk, wakakakaka... :)) :)) :))

10:52 AM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Niken >> Ya setiap orang biasanya punya wewangian favorit apapun alasannya. Kok bs alergi bau lemon tuh si abang? Emg kalo ngebauin lemon jd gimana? Gatel2...

Mardun >> Sy belum denger wewangian pengurang nafsu makan, tapi kalo terapi yang lain ada, tusuk jarum misalnya...

Sy ngajar politik dan bahasa Inggris di Unpad.

Zilko >> ampuh kan buat ngusir nyamuk? Untuk yg lain2nya juga (menenangkan, menggembirakan, membuat semangat, dll) cukup ampuh kok, coba deh terutama kalo lagi bete ngadepin kuliah atau dosen yg nyebelin...he..he..

5:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

waduh, tusuk jarum? aman nggak tuh? mungkin ada referensi/artikelnya? bisa dibagi nggak?

1:25 AM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Mardun >> Sampai sekarang sih, belum ada tusuk jarum yang memiliki efek samping berat. Paling kalo terapisnya belum pinter, di kulit terjadi lebam karena pembuluh darah kapiler pecah, atau infeksi ringan kalo ga higienis. Yang kedua ini amat sangat jarang terjadi. Kalo mau save ya musti pinter cari terapisnya.

InsyaAllah, dalam waktu dekat sy posting ttg tusuk jarum, kebetulan sy masih rajin melakukannya (seminggu sekali).

6:24 AM  
Blogger Alma said...

mbak suka aromaterapi nih?!! btw, kayaknya Mbak paham banget soal ini, emang mendalami atau gimana?? btw lagi, Mbak ngajar dimana nih? danke

5:01 PM  
Anonymous Anonymous said...

Tolong mbak, saya pesan cendana (biar serasa pengen punya bayi lagi :-) dan melati ajah, yang banyak.

Buat anak2 saya minta green tea serta eucalyptus+pepermint.

TY. Lengkap banget. Bisa jadi referensi. Ngomong2 minta sample dulu, boleh?....:-)

5:48 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Muthe >> Iya, byk manfaatnya ternyata. Belum banyak tau sih, kebetulan aja di Leha-leha tersedia, trus ada sedikit tulisan ttg aromaterapi di sana, dan sempetlah googling ttg aromaterapi. Ngajar di Unpad... BTW thx udh mampir balik ya...:)

Arman >> Boleh...boleh...tp ambil sendiri ke sini ya... atau ngirim sampelnya lewat email atau blog bisa ga ya... :P

6:01 PM  
Anonymous Anonymous said...

bagus banget postingnya nih mbak puspa, saya jadi banyak tau gitu skarang hihihi :)


ditunggu banget ya posting tentang tusuk jarumnya

3:44 PM  
Blogger A_Lax said...

Bisa dibeli dimana yag essensial oil atau pure oilnya untuk aromaterapi..?
Sy ada pesanan utk customer di USA (sample dl sm harganya).

Rgds
Andy
0888 140 2233

5:16 PM  
Anonymous Anonymous said...

Bu,

Mohon info di mana bisa membeli minyak aromaterapi tersebut.

Terima kasih.

Adi

1:38 PM  
Anonymous Anonymous said...

iya dunk bu..dmn beli aromaterapi nya??saya kena sakit bronkitis,, katanya siy aromaterapi aucalyptus bs mengurangi,,mohon bantuan nya,,
kalo ibu emg jual nya saya mau dunk,
saya di jkt,,terimakasih.

2:58 AM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Rizka> maaf sampai sekarang postingan tusuk jarumnya belum ada, belum tau juga kapan bisa posting ttg itu... :)

Andy,Adi, & anonimous> Yang di Jkt bisa coba ke Leha-leha di Ruko BSK Jl. Kali Malang Bekasi barat

Yang di Bandung bisa ke Leha-leha di Kota Baru Parahyangan, Ruko Pitaniaga.

9:41 PM  
Anonymous Anonymous said...

thankz bnget mbax infonya...

minyak wangi lavender bs didpt dimna ya mbax?????

3:01 PM  
Anonymous Anonymous said...

saya jg pingin cb essential oil. kalo disolo belinya dimana ya? ada yang tau ga'?

6:44 AM  
Blogger Abu Faiqa said...

mbak mau tanya nih, kalau memakai daun pandan wangi sebagai aromaterapinya manfaatnya ada gak y buat kesehatan?
thanks ^^

10:06 AM  
Anonymous Anonymous said...

mba mau tanya.. kalau untuk penggunaan arpmaterapi itu setiap hari boleh tidak khususnya secara inhalasi ..?

12:32 AM  
Blogger Unknown said...

izin copy ya mbak,,buat baca di laptop hehe,,makasih jazakallah..

11:58 PM  
Blogger Unknown said...

Setw q di solo ada javerden herbal ... dia lengkap eo nya ..

5:05 AM  
Blogger #pengeluaranjadipenghasilan said...

klo di bandung belinya dmn ya Mba?,,,

4:07 PM  
Anonymous Essential Oil said...

Kalo aku paling suka sama yg peppermint dan lemongrass.Tapi ternyata ada juga varian Essential oil yang dibuat khusus utk sesuai kebutuhan kita, utk terapi stress, meringankan flu atau utk tidur nyenyak, senangnyaaaaaa.......

2:08 PM  

Post a Comment

<< Home