ri lepuspa castle: Leha-leha dan Aromaterapi

lepuspa castle

Monday, January 22, 2007

Leha-leha dan Aromaterapi

Hari minggu kemarin (21/01/07), gw dan suami berkunjung ke Leha-leha Bandung. Selain untuk melakukan treatment (tusuk jarum) juga sekalian melakukan ‘inspeksi’ sebagai ‘representative owner’ (tapi ternyata, owner yang lain juga berkunjung walau masa kunjungnya tidak selama gw dan suami). Setelah evaluasi sekilas, gw berkesimpulan bahwa sejak soft opening minggu lalu, Leha-leha sudah kedatangan pelanggang yang cukup lumayan, bahkan sudah ada yang menjadi pelanggan tetap. Tadinya kami agak khawatir, karena lokasi yang cukup jauh dari Bandung. Ternyata, lokasi tidak menjadi masalah jika pelayanan memuaskan sehingga para pelanggan dengan senang hati kembali lagi ke Leha-leha. Hari minggu menjadi hari yang cukup sibuk bagi para terapis dan dokter di Leha-leha, karena di hari tersebut pelanggan datang cukup banyak. Untungnya mereka datang mengalir bergantian sehingga pelanggan tidak terlalu lama menunggu. Selain itu, pelanggan tetap biasanya melakukan janji dulu lewat telepon, sehingga mereka tidak perlu menunggu lama karena tempatnya sudah disediakan.

Pada postingan kali ini, gw ingin share tentang aromaterapi. Salah satu produk yang dikeluarkan (baca: dijual) oleh Leha-leha adalah produk aromaterapi. Banyak macam dari produk ini: sabun mandi, massage oil, bath salt, oli burner dan essential oilnya, dan incense (berbentuk stick) dengan tempat sticknya (produk-produk ini akan dijelaskan lebih lanjut di postingan selanjutnya). Aromaterapi sendiri adalah terapi menggunakan essential oil atau sari minyak murni untuk membantu memperbaiki atau menjadi kesehatan, membangkitkan semangat, gairah, menyegarkan serta menenangkan jiwa, dan merangsang proses penyembuhan.

Bagaimana cara kerja aromaterapi itu? Menurut Dr. Alan Huck (neurology psikiater dan Direktur Pusat Penelitian Bau dan Rasa di Chicago), bau berpengaruh langsung terhadap otak manusia, mirip narkotika. Ternyata hidung kita memiliki kemampuan untuk membedakan lebih dari 100.000 bau yang berbeda yang mempengaruhi kita dan itu terjadi tanpa kita sadari. Bau-bauan tersebut mempengaruhi bagian otak yang berkaitan dengan mood (suasana hati), emosi, ingatan, dan pembelajaran. Misalnya, dengan menghirup aroma lavender maka akan meningkatkan gelombang-gelombang alfa di dalam otak dan gelombang inilah yang membantu kita untuk merasa rileks. Sementara dengan menghirup aroma bunga melati maka akan meningkatkan gelombang-gelombang beta dalam otak yang meningkatkan ketangkasan dan kesiagaan. Banyak jenis aroma yang sudah tersedia untuk aromaterapi ini diantaranya adalah: lavender, peppermint, eucalyptus, jasmine, lemon, sandalwood, ylang-ylang. Semua memiliki efeknya yang khas (akan dijelaskan lebih lanjut di postingan selanjutnya).

Di Leha-leha sendiri, aromaterapi digunakan untuk spa dan perawatan wajah (facial). Selain itu setiap saat anglo pemanas (oil burner) dinyalakan dengan dibubuhi beberapa tetes essential oil, membuat udara dipenuhi aroma yang merilekskan. Ditambah dengan alunan musik relaksasi membuat tubuh, pikiran, dan hati menjadi tenang dan siap menghadapi hari-hari mendatang dengan ringan. Aromaterapi memang memberikan banyak manfaat, apalagi di zaman sekarang berbagai peristiwa, pemberitaan dan beban pekerjaan membuat banyak orang merasa tertekan (baca:stress). Aromaterapi merupakan salah satu cara yang bisa membantu kita terbebas dari rasa tersebut. Cobalah…..

16 Comments:

Blogger arman said...

Sekalian dicari aroma yang meningkatkan nafsu makan dan nafsu belanja. Jadi bisa sekalian bisa buka cafe dan butik (prinsip One Stop Spa Gitu ?)He...he....

Oh iya...kalo kalo untuk meningkatkan 'ya'..'ya'..'ya'... pake aroma apa, sih? Kabuuuurrrr....

4:28 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Arman >> Wah yang ini sih sudah ada. Memang rencananya nanti mau ada pengembangan di bidang itu, buka cafe, butik, gym, toko buku, bahkan playground buat anak-anak.

Ada..ada..nanti ya di postingan berikut...he..he..

5:29 AM  
Blogger Esha said...

Semoga tambah laris ya....buka cabang dong di Tangerang..........

2:21 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Esha >> udah ada, cabang sebelumnya di BSD (Tangerang kan ya...?), tapi kalo yg di sana aku ga bisa kasih discount, soalnya beda ownernya. Jadi bagusan ke Bandung aja, deket ini, pake tol cuma 1,5 jam kok...*bujuk2 Esha* he..he..

4:18 PM  
Blogger Zilko said...

smoga laris terus yaaa.... :)

Bukanya klo bisa di kota Bandung-nya aja, klo diluar Bandung udah selaris itu, di kota harusnya lebih rame kan?? :D Tp saingannya jg makin ketat sih

7:50 PM  
Blogger Niken said...

Aroma terapi...hmm pasti harum banget!!!

9:38 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Zilko >> Rencananya pengen juga buka di tengah kota Bandung, mudah2an cepat terealisir. Amin. Kalo masalah saingan, setiap usaha juga pasti banyak saingan, tapi di situ lah seninya 'berusaha'...:)

Niken >> Harum dan membuat perasaan tenang, pikiran terang, badan segar... Coba deh Nik...:)

8:15 PM  
Blogger meeftah said...

wahhh mau dong yang bisa bikin mata melek buat ngegambar terus...

11:41 AM  
Blogger meeftah said...

wahhh mau dong yang bisa bikin mata melek buat ngegambar terus...

11:44 AM  
Blogger meeftah said...

waahhh mau donk yg buat kuat ngegambar..

11:44 AM  
Blogger Leny Puspadewi said...

meeftah >> ada juga, tapi ga boleh sering-sering, malah ga sehat, baiknya cukup tidurlah...

6:43 PM  
Anonymous Anonymous said...

emang efek aromaterapi itu langsung kerasa ya efeknya ke diri kita?, apakah tiap aroma yang berbeda itu secara langsung punya efek yang beda juga buat diri kita ?

9:56 AM  
Anonymous Anonymous said...

mau cb donk!! kl di solo bs bli essential oil dmn ya???

6:51 AM  
Anonymous Anonymous said...

mau cb donk!! kl di solo bs bli essential oil dmn ya???

6:53 AM  
Anonymous silkyrose said...

Leha-leha Bandung itu di jalan apa ya?

12:03 AM  
Anonymous Peternak Hebat said...

waaah

7:37 PM  

Post a Comment

<< Home