ri lepuspa castle: Pizza Hut vs Hanamasa

lepuspa castle

Friday, January 19, 2007

Pizza Hut vs Hanamasa

Kemarin sore, seorang teman, pengajar juga, berulang tahun. Kebetulan siang sebelumnya kami melakukan ujian lisan untuk salah satu matakuliah yang dipegang olehnya. Dan sebagai teman yang baik (ceilah…) gw turut mendukung kegiatannya dengan hadir dan sekali-sekali memberikan komentar pada saat ujian berlangsung. Begitu juga dengan beberapa teman yang lain. Setelah ujian selesai, kami (seperti biasa kalau ada seseorang di antara kami yang berulang tahun) memintanya untuk mentraktir kami, sambil sedikit memaksa (he..he..). Jadilah kami beramai-ramai menuju Pizza Hut yang lokasinya di Dago.

Gw termasuk yang telat sampai di lokasi karena harus mampir mengisi ‘ransum’ mobil dulu. Gw pikir karena gw telat sampai lokasi maka gw tidak perlu menunggu lama makanan yang dipesan. Tapi ternyata pada saat gw sampai, mereka belum memesan makanan dengan alasan: “belum dilayani,tuh” kata seorang teman. Lha kok? Yang gw tau selama ini kalau makan di Pizza Hut, cukup cepat pelayanannya kalau mau order. “Ya panggil dong pelayannya, tuh si mbak itu tuh...” kata gw dalam keheranan gw tersebut.

Dipanggillah Si Mbak Pizza Hut tersebut oleh seorang teman. Dan tau kah apa jawaban Si Mbak itu? Ini dia: “Ntar ya…” Katanya tanpa melihat sedikitpun ke arah kita. Lagi-lagi gw kaget dengan jawabannya itu. “Eh, Mbak, kita ini udah dua kali lho mau pesan, kok jawabnya ntar ya, ntar ya melulu,” komentar seorang teman lagi. Hah, sudah dua kali pula dibegitukan? Gw tambah heran plus kaget plus agak kesal juga. Pelayanan macam apa sih kayak gini? “Eh, tau nggak. Kalau gw sama suami, mau pesan dibegitukan, suami pasti langsung cabut nggak jadi makan di tempat ini,” kata gw dengan suara sedikit tinggi. Terus, karena gw pikir untuk apa berlama-lama menunggu di Pizza Hut, gw ingat perlu membeli cd untuk relaksasi (untuk tambahan koleksi di Leha-leha). Kebetulan di lantai dua gedung Pizza Hut tersebut ada Disc Tara. Sekalian sambil ‘menurunkan’ kekesalan gw. Jadilah gw pergi ke Disc Tara. Salahnya tanpa pamit dulu ke teman-teman.

Ketika sedang asyik memilih beberapa cd relaksasi, tiba-tiba lenganku dijawil seseorang. Ternyata seorang teman di Pizza Hut tadi.”Kenapa Teh (mereka kebanyakan lebih muda dari gw), marah ya dicuekin sama Si Mbak tadi? Anak-anak jadi pada keluar juga, nggak jadi makan di Pizza Hut, mereka mau pindah ke Hanamasa (lokasinya di sebelah Piza Hut)” Gw bengong, terus bilang,”lho kata siapa marah? Kesal iya, sedikit, tapi kan nggak bermaksud membatalkan makan di Pizza Hut.” Tapi berhubung semua sudah keluar dari Pizza Hut, akhirnya makannya di Hanamasa. Entah, sebuah keberuntungan atau bukan, yang pasti teman-teman lebih ‘berseri-seri’ dengan kepindahan tersebut (Hanamasa terasa lebih ‘restoran’ dibandingkan Pizza Hut, ya kan…?). Sementara yang berulang tahun jadi agak bersungut-sungut…he…he…sorry gw nggak bermaksud lho… Begitu tahu gw sebenarnya ga marah dan ga bermaksud batal makan di Pizza Hut, seorang teman berkomentar,” wah pinter nih, Teteh bikin sandiwaranya, dan berhasil bikin kita enjoy di Hanamasa…ha…ha…” Yang lain meng-iyakan dengan semangat.

Buat Pizza Hut, itu merupakan peringatan. Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama tidak dilayani, dan jawablah permintaan atau pertanyaan pelanggan dengan sopan. Intinya beri pelatihan lebih baik lagi buat karyawannya, terutama yang langsung menghadapi pelanggan. Biar pelanggan ngga lari. Buat gw sendiri, makan kemarin sore itu menjadi pengalaman yang bakalan cukup sulit dilupakan, soalnya malamnya perut agak berontak. Rupanya masih kaget karena sudah sekian lama (sejak sakit Agustus kemarin) tidak makan di tempat seperti itu… Tapi nggak apa-apa, ini menjadi salah satu ‘ajang latihan’ biar perut menjadi terbiasa lagi makan makanan seperti itu.

11 Comments:

Blogger Niken said...

hehehehe...dicuekin ni ye???

Wah pasti bakalan tak ada istilah cuek sama tamu di leha-leha, Siiippp dah!

6:55 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Niken >> Iya, Pizza Hut salah cari 'customer service' tuh...

Wah 'CS' Leha-leha sih ga mungkin nyuekin, dijamin ramah-ramah deh...he..he...sekalian promosi...

7:39 PM  
Blogger Iman Brotoseno said...

nggak dilaporin ke manajer on duty hari itu ?

10:59 PM  
Blogger Iman Brotoseno said...

nggak dilaporin ke manajer on duty hari itu ?

10:59 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Iman Brotoseno >> Wah, ga kepikir waktu itu, terlalu 'sibuk' mikirin 'kepindahan' ke Hanamasa yang diluar rencana itu...:) Iya ya mustinya dilaporin ke manager on duty nya. Lain kali deh...

BTW thx dah mampir..:) Sering-sering aja ya...;)

7:06 AM  
Blogger Zilko said...

payah ya pelayanannya Pizza Hut, kaya gitu. Klo aku ya mending langsung ditinggal aja tuh, enak amat dikaya gituin... :( :(

Bener tuh, ato dilaporin ke manager-nya...

Wah, Hanamasa?? Wakaka, jadi naik dong, kan jadi lebih mahal... :D Tapi makanannya Hanamasa ga istimewa bgt ah menurutku, enak sih lumayan, tp ga sebanding sama harganya (klo bayar, klo gratis sih beda dong... :D)

9:34 AM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Zilko >> Iya, padahal biasanya oke lho pelayanan Pizza Hut...:(

Iya, Hanamasa lebih mahal. Tp sebenernya aku ga terlalu suka (sejak dulu) apalagi tnyata masih brontak nih perut (moga2, besok2 udah nggak ya..Amin).

5:27 AM  
Blogger Diyan said...

Maybe lagi penuh ya tempatnya? jadinya dicuekin. Tapi harusnya mereka nggak boleh tuh nyuekin customer. Kalo aku digituin dah aku laporin managernya kali...

9:07 AM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Diyan >> ga penuh juga tuh, entahlah mungkin temen2ku 'agak bertingkah' (brisik dan goda2in mbak2nya...kali, ga tau juga sih soalnya aku kan telat datangnya, biasalah temenku kebanyakan cowok & beberapa msh lajang..). Tp kan itu salah satu konsekuensi kerjanya dia, harusnya dia tau gimana cara mengatasinya tanpa hrs membuat pelanggan lari...

9:54 AM  
Blogger arman said...

Blessing in disguise....Dikirain ngambek, ternyata malah pindah ke resto yang lbh mahal. Boleh juga tuh...ide nyari CD-nya !

Kecian deh...yang nraktir :-)

4:18 PM  
Blogger Leny Puspadewi said...

Arman >> Eh... aku bener2 ga maksud lho...:)

Iya, agak terkuras juga dompetnya...tp ga pa-pa lah sekali setaon ini...he..he..

6:40 PM  

Post a Comment

<< Home